Kamis, 15 Maret 2012

Lanjutan


Pengerukan di Indonesia
Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki ribuan pelabuhan sebagai gerbang ekonomi pada seiap daerah. Dan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia sebagian besar terletak di dalam sungai ataupun di daerah teluk. Contohnya Pelabuhan Belawan, Palembang, Pontianak, Surabaya, Samarinda, dan lain-lain. Berbeda dengan pelabuhan-pelabuhan yang berada di sebelah Timur Indonesia, sebagian besar merupakan pelabuhan alam yang tidak memerlukan perawatan kedalaman.

Posisi pelabuhan di sungai, tentunya kedalamannya akan sangat dipengaruhi oleh karakter sungai tersebut, terutama sedimentasi. Hal ini yang mengakibatkan alur pelayaran kapal dan kolam pelabuhan harus dikeruk (maintenance dredging) secara berkala.

Tabel: Pelabuhan di Indonesia Yang rutin dikeruk
NO
PELABUHAN
VOLUME/M3
PERIODE
KAPAL KERUK
1
Alur Pelabuhan Belawan
2.000.000
Setiap 1 tahun
Hopper
2
Kolam Pelabuhan Belawan
   200.000
Setiap 1 tahun
Clamshell
3
Alur Pelabuhan Jambi
   300.000
Setiap 2 tahun
Hopper
4
Kolam Pelabuhan Dumai
   700.000
Setiap 3 tahun
Hopper
5
Kolam Pelabuhan Muara Padang
   200.000
Setiap 3 tahun
Clamshell
6
Alur & Kolam Pelabuhan Bengkulu
1.000.000
Setiap 1 tahun
Hopper
7
Alur Pelabuhan Palembang
1.500.000
Setiap 1 tahun
Hopper
8
Alur Pelabuhan Pangkal Balam
   300.000
Setiap 3 tahun
Hopper
9
Alur & Kolam Tanjung Priok
   700.000
Setiap 1 tahun
Hopper
10
Kolam Pertamina Tanjung Priok
   200.000
Setiap 1 tahun
Clamshell
11
Kolam Bogasari Tanjung Priok
   200.000
Setiap 1 tahun
Clamshell
12
Alur & Kolam Pelabuhan Cirebon
   350.000
Setiap 1 tahun
Hopper & Clamshell
13
Kolam Pelabuhan Tegal
   100.000
Setiap 1 tahun
Clamshell
14
Kolam Pelabuhan Pekalongan
     50.000
Setiap 3 tahun
Clamshell
15
Kolam Pelabuhan Semarang
   700.000
Setiap 1 tahun
Hopper
16
Kolam Pelabuhan Surabaya
   500.000
Setiap 1 tahun
Hopper &  Clamshell
17
Kolam Pelabuhan Juwana
     60.000
Setiap 2 tahun
Clamshell
18
Alur Pelabuhan Pontianak
1.000.000
Setiap 1 tahun
Hopper
19
Alur Pelabuhan Sampit
   700.000
Setiap 2 tahun
Hopper
20
Alur Pelabuhan Kumai
   700.000
Setiap 2 tahun
Hopper
21
Alur Pelabuhan Banjarmasin
2.500.000
Setiap 1 tahun
Hopper
22
Alur Pelabuhan Samarinda
1.500.000
Setiap 1 tahun
Hopper
23
Alur Pelabuhan Balikpapan
1.000.000
Setiap 2 tahun
Hopper
24
Alur Pelabuhan Benoa
  300.000
Setiap 2 tahun
Clamshell

Tidak ada komentar:

Posting Komentar